Kejahatan tidak mengenal batas

Sayangnya, dampak dan gangguan yang ditimbulkan oleh aksi teror dan kejahatan lintas-negara mengganggu kehidupan masyarakat sehari-hari di banyak belahan bumi pada era modern ini. Kehidupan yang baik yang dirasakan masyarakat tercipta berkat kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan konektivitas digital, dan seiring dengan itu kejahatan pun meluas dan kian canggih.

 

Meski demikian, berkat kerja keras aparat penegak hukum untuk mencari tahu apa yang akan terjadi di depan – dengan kerja sama antar pihak, kemauan berbagi informasi dan data intelijen – sebagian besar dari kita dapat menikmati hidup yang normal dan aman. Kewaspadaan perlu dijaga, dan improvisasi, inovasi dan adaptasi terkait metode dan teknik pendeteksian dan pemberantasan kejahatan perlu dilakukan tanpa henti. 

Kerja sama global adalah satu-satunya jawaban atas masalah kejahatan lintas negara. 

Jakarta Centre for Law Enforcement Cooperation (JCLEC) merupakan sumber daya yang unik untuk mewujudkannya – yakni dengan mendorong dan mempertahankan kolaborasi. Para pemimpin negara di Indonesia, Australia dan negara-negara lain mengakui kerja JCLEC dan mereka terus memberikan bantuan dalam bentuk pelatihan khusus kepolisian untuk menjamin aparat dapat menjalankan tugas sehari-hari sebaik mungkin. Keamanan dan stabilitas masyarakat tergantung pada hal ini.

 

Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, dalam sambutannya di Sidang Umum INTERPOL ke-85 di Bali pada bulan November 2016, memiliki pandangan serupa dan beliau mengundang semua delegasi INTERPOL untuk mengunjungi dan memanfaatkan JCLEC, sambil memberikan pernyataan "tidak ada satu negara pun yang mampu mengatasi kejahatan lintas-negara sendirian.’

Mengingat kejahatan lintas negara terus menerus berkembang, pelatihan di JCLEC tentunya harus komprehensif dan mampu menjawab tantangan tersebut. 

Topiknya harus bervariasi, mulai dari kepemimpinan dan manajemen hingga intelijen dan investigasi, forensik serta pengelolaan perbatasan laut, di samping topik-topik lainnya.

© 2017 by JCLEC